Sekilas Pandang

STKIP Agama Hindu Amlapura memiliki izin operasional dan telah terakreditasi dengan Nilai B ( SK. Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor :001/BAN-PT/Aka-XI/S1/IV/2008 tangggal 18 April 2008). Institusi ini merupakan aset daerah yang patut dipertahankan, dipelihara dan dikembangkan. STKIP Agama Hindu Amlapura memberi berbagai kemudahan didalam penyelenggaraan pendidikan terutama dari segi efisiensi waktu, tenaga dan juga biaya. Dalam perjalanannya, STKIP Agama Hindu Amlapura telah menamatkan mahasiswa jenjang DIII sebanayak 414 orang dan Sarajana S1 406 orang. Diantara tamatan dimaksud sebagaian sudah diserap sebagai pegawai negeri, baik guru SD, SMP, SMA/SMK maupun Instansi Pemerintah lainnya. Di era modernisasi, STKIP Agama Hindu Amlapura tetap ikut mengambil peran dalam upaya peningkatan mutu sumber daya manusia (SDM) khususnya di kabupaten Karangasem, dibidang pendidikan Agama Hindu. Disamping itu juga bertekad menjadikan lembaga ini sebagai pusat kajian Hindu yang kuat dan berwibawa dalam membina dan mendidik mental, moral, spiritual, kecerdasan seni dan budaya warga masyarakat, yang dikembangkan menjadi SDM berkualitas yang mampu bersaing dan menjawab tantangan zaman dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Visi, Misi dan Tujuan

Visi Program Studi Pendidikan Agama Hindu Amlapura Sebagai pusat kajian Pendidikan Hindu yang kuat dalam pemeliharaan, pengembangan dan pelestarian ajaran Agama Hindu..

Misi Program Studi Pendidikan Agama Hindu Amlapura adalah : Melakasanakan pendidikan dan pengajaran dengan menitik beratkan pada proses pembelajaran yang memberikan kesempaatan luas kepada mahasiswa untuk mengembangkan potensi dan kreatifitas dirinya.

Menyelenggarakan kegiatan penelitian yang berkualitas.

Menyelenggarakan kegiatan pengabdian yang pragmatis.

Menyelenggarakan bimbingan yang efektif.

Mengembangkan sarana dan prasarana yang memadai.

Penerapan prinsip-prinsip akademik (academic reasoning) dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan kegiatan penalaran ilmu, khususnya Ilmu Pendidikan Agama Hindu. Pengembangan staf pendidikan dan pendukung yang dilakukan secara berkesinambungan. Tujuan Progaram Pendidikan Agama Hindu Amlapura Sebagai landasan bagi penetapan kebijaksanaan oprasional. Tujuan yang hendak dicapai adalah sebagai berikut: Mengahasilkan peneliti dibidang pendidikan Agama Hindu yang kompeten. Mengasilkan Sumber daya manusia (SDM) yang memiliki semagant membangun yang dilandasi nilai-nilai moral, kepribadian, dan intelektual. Berprestasi dibidang penelitian, minimal setaiap dosen memiliki karya hasil penelitian satu buah setiap tahun. Berprestasi dibidang pengabdiaan masyarakat, dengan menyumbangkan pelayanan publik yang berguna bagi pelayanan masyarakat. Mengasilkan lulusan terbaik dalam Pendidikan Agama Hindu dengan IPK minimal 2,75 agar dapat memenangkan persaingan yang sangat ketat.