SAMAWARTANA 2019

Sebagai perguruan tinggi berbasis agama Hindu, kegiatan pembelajaran di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Agama Hindu Amlapura selalu bercirikan istilah Hindu. Salah satunya acara Samawartana yang menjadi tradisi di STKIP Agama Hindu Amlapura dalam melepas mahasiswa yang akan menjalani wisuda. Acara Samawartana digelar di Pura Padmasana, pada Anggara Paing Medangkungan, Selasa 26 Februari 2019. Bertujuan untuk memberikan penyucian kepada seluruh calon wisudawan/wisudawati ketika telah selesai mengikuti perkuliahan.

Upacara Samawartana berkaitan dengan pelaksanaan wisuda, pada intinya mempermaklumkan apa yang sudah didapat dalam perkuliahan agar menjadi berkah/sidi/menang/bertuah. Ini sesuai dengan makna dari wisuda artinya, wi bahasa Sansekerta artinya menang dan suda Bahasa Sansekerta artinya bersih. Dengan demikian wisuda artinya membersihkan yang menang. Apa yang menang tentu keberhasilan sebagai mahasiswa melalui perjuangan keras tanpa mengenal lelah dan mengakhiri untuk menang secara formal sesuai dengan tahapan-tahapan hidup.

Upacara Samawartana diikuti oleh 35 calon wisudawan/wisudawati dari Program Studi Pendidikan Agama Hindu dan dipuput Ida Pedanda Istri Ngurah Pidada dari Gria Katon Sudi Kemenuh.