BINA FISIK DAN MENTAL: MAHASISWA STKIP AMLAPURA JADI INSTRUKTUR YOGA DI LPKA KARANGASEM

AMLAPURA (05/11/2019) – Mahasiswa STKIP Agama Hindu Amlapura menjadi instruktur yoga dalam rangka pembinaan fisik dan mental, serta disiplin pegawai dan dharma wanita sebanyak 25 orang di unit LPKA Karangasem, Selasa (5/11).

Kepala LPKA Kelas II Karangasem, Reinhards Indra Pitoy mengucapkan terima kasih atas kesediaan instruktur yoga dari STKIP Agama Hindu Amlapura untuk hadir dan memandu jalannya yoga yang diselenggarakan oleh LPKA. Dalam kesempatan ini, Reinhards  juga mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program untuk membentuk disiplin  fisik, dan mental bagi para pegawai serta dharma wanita di unit LPKA Karangasem.

“Yoga kami pilih sebagai salah satu sarana untuk membentuk disiplin fisik dan mental. Maka kami mohon bimbingan kepada para instruktur untuk melangsungkan kegiatan ini,” imbuhnya.

Suardana selaku instruktur yoga mengatakan bahwa yoga lebih mengedepankan pengaturan nafas dalam melakukan tiap gerakan. Yoga juga sangat tepat digunakan sebagai cara untuk melatih fisik dan mental, karena teknik pengaturan nafas ketika yoga berguna untuk mengatur emosi.

“Yoga lebih mengedepankan pranayama atau pengaturan nafas pada  tiap gerakannya. Oleh karena itu, yoga sangat bermanfaat untuk mengolah emosi sehingga  baik untuk kesehatan mental,” ucapnya.

Gerakan yoga ini diawali dengan pemanasan dalam posisi duduk, dilanjutkan dengan gerakan Surya Namaskar, kombinasi, serta relaksasi. Peserta yoga dari unsur pegawai dan dharma wanita LPKA tampak sangat antusias mengikuti kegiatan ini.

Ketua STKIP Agama Hindu Amlapura, I Wayan Dwija, ketika ditemui di kampus STKIP Agama Hindu Amlapura mengatakan bahwa kegiatan ini juga merupakan realisasi MoU antara LPKA Kelas II Karangasem dan STKIP Agama Hindu Amlapura. Oleh karena itu, Dwija merepons dan menyambut baik program yoga bersama yang dilaksanakan oleh LPKA dengan melibatkan mahasiswa STKIP Agama Hindu Amlapura sebagai instruktur yoga dalam kegiatan tersebut.

“Ke depan kami berharap ada kegiatan-kegiatan serupa yang bisa digagas bersama atau berkolaborasi antara LPKA dan STKIP, sehingga perguruan tinggi dapat melaksanakan pengabdian secara optimal di masyarakat,” tegasnya.

Dalam kegiatan tersebut, STKIP Agama Hindu Amlapura menugaskan sejumlah instruktur yoga yang berasal dari mahasiswa UKM Yoga STKIP Agama Hindu Amlapura. Mahasiswa tersebut adalah I Ketut Suardana, Ni Luh Putu Ariani, Ni Wayan Erna Ningsih, I Wayan Budiasa, Ni Luh Vemi Sareni, Ni Putu Sinta Darmayanti, dan I Kadek Dianata. (Mar.red)