Anniversary 1st, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Gelar English Speech Contest and Story Telling Competition

Amlapura, 8 Juni 2019 – Dalam rangka Anniversary 1st  Prodi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Agama Hindu Amlapura, diadakanlah  English Speech Contest and Story Telling Competition dengan peserta dari SMP se-Kabupaten  Karangasem untuk kategori Story Telling Competition dan peserta SMA/SMK se-Kabupaten  Karangasem untuk kategori English Speech Contest. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Bahasa Inggris ini mengusung tema “Improving English Competency to Support Karangasem as The Spirit of Bali.”

Melin Udayanti, S.Pd., M.Pd., ketua Panitia dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa lomba ini diadakan sebagai ajang meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam bidang pendidikan khususnya bidang Pendidikan Bahasa Inggris untuk membantu melawan kemiskinan dan kebodohan  demi memajukan masa depan anak-anak Karangasem. Dalam kesempatan ini, Melin Udayanti juga mengatakan bahwa peserta English Speech Contest and Story Telling Competition ini berjumlah 13 orang untuk masing-masing kategori lomba yang diikuti oleh SMP dan SMA/SMK Se-Kabupaten Karangasem.

Pada kegiatan itu, juga hadir alumni STKIP Agama Hindu Amlapura yang sekaligus memberikan donasi  dalam penyelenggaraan acara tersebut. I Gede Dana, S.Pd., M.Si.,  alumni STKIP Agama Hindu Amlapura  mengatakan bahwa ia mengapresiasi kegiatan yang dilangsungkan oleh Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, yang dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris generasi muda karena penguasaan bahasa asing sangat penting di era sekarang ini.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris ini, kegiatan ini juga mampu menjadi ajang untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris mengingat sektor pariwisata di Bali khsususnya di Karangasem sangat mumpuni,” ucapnya.

I Gede Dana juga menambahkan bahwa ia siap membantu menjembatani STKIP Agama Hindu Amlapura hingga ke Provinsi  demi kemajuan penyelenggaraan pendidikan dan kemajuan program-program Tri Dharma Perguruan Tinggi yang digagas oleh STKIP Agama Hindu Amlapura.

Kepala Bidang SMP Disdikpora  Kabupaten Karangasem, Dr. I Wayan Sarya, S.Pd., M.Si. mengatakan bahwa beliau mengapresiasi Kampus STKIP Agama Hindu Amlapura dari segi humanistik dan kompetensi mahasiswanya yang mumpuni. Beliau juga mengharapkan warga Karangasem turut serta menjaga dan membangun satu-satunya aset pendidikan tinggi di Karangasem ini.

“Saya berharap agar STKIP Agama Hindu Amlapura bisa menjalin kerja sama dengan Pemda dan giat mengikuti event Pemda sebagai ajang untuk promosi dan penyebarluasan nama kampus STKIP Agama Hindu Amlapura,” tambahnya.

Drs. I Wayan Dwija, M.Pd., Ketua STKIP Agama Hindu Amlapura dalam sambutannya mengatakan bahwa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris ini merupakan salah satu Prodi di STKIP Agama Hindu Amlapura, yang tergolong Prodi baru karena izin operasional Prodi ini tahun 2018. Ketua STKIP juga berharap semua prodi di STKIP Agama Hindu Amlapura  bisa melangsungkan kegiatan-kegiatan serupa, sehingga kompetensi dari siswa dapat ditingkatkan, sebagai ajang promosi kampus dan juga prodi.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini dan semoga semua prodi mampu melangsungkan kegiatan yang serupa sebagai ajang meningkatkan kemampuan siswa dan memperkenalkan keberadaan kampus STKIP Agama Hindu Amlapura,” ucpanya.

Di akhir acara dilanjutkan dengan cara pengumuman dan penyerahan hadiah kepada para pemenang dalam English Speech Contest and Story Telling Competition. Adapun juara dalam Story Telling Competition adalah Juara I diraih oleh I Made Jabin Arya Dedanda asal SMP Negeri 2 Amlapura dengan perolehan nilai 283,3; Juara II diraih oleh Ni Putu Agustini Suryantari Dewi asal SMP Negeri 1 Manggis dengan perolehan nilai 272,1;  dan Juara III diraih oleh Ni Putu Ayu Anastasya asal SMP Negeri 2 Amlapura dengan perolehan nilai 271,9. Para juri yang dilibatkan dalam Story Telling Competition adalah Ms. Elisa Brennecke, Luh Melin Udayanti, dan I Ketut Wiryawan.

Sementara itu, untuk kategori Speech Contest,  Juara I diraih oleh Kadek Ayu Candra Dewi asal SMA Negeri  2 Amlapura dengan perolehan nilai 292,5; Juara II diraih oleh Putu Airlia Ivana asal SMA Negeri 2 Amlapura dengan perolehan nilai 288,6;  dan Juara III diraih oleh Ni Komang Rika Oktapiani asal SMA Negeri 1 Kubu dengan perolehan nilai 286,6.  Para juri yang dilibatkan dalam Speech Contest adalah Ms. Prihantini Utami, Ms. Sarah Bowles Neiswender, dan Sang Ayu Dewi. (Mardana, red.)

Foto: Penyerahan Donasi dari Alumni STKIP Agama Hindu Amlapura (atas) dam Penyerahan Hadiah kepada Pemenang (bawah)